Saturday, October 18, 2008

Persekutuan Pembentukan Dan Usahanya

Materi Kuliah: Akuntansi Keuangan Lanjutan 1
Dosen : Purnama Sari S.E
Tanggal : 18 October 2008



Sambil ngantuk2 :s ngikuti mata kuliah ini :D, tapi ga pa-pa selain nambah absensi yang ternyata ga bisa di titipin (alhamdulillah bisa dateng :$ ) juga nambah catatan di buku, dan yang terpenting nambah sesuatu yang bisa di bagi ma temen2. ok, met copy paste yach :p moga manfaat.

Persekutuan (Partnership) adalah suatu penggabungan di antara dua orang badan atau lebih untuk memiliki bersama-sama dan menjalankan suatu perusahaan guna mendapatkan keuntungan atau laba.

Karakteristik Persekutuan

a. Berusaha Bersama-sama (Mutual Agency) yaitu setiap anggota (partner) merupakan agen dari pada /perseketuan untuk mencapapai usahanya.

b. Jangka Waktu Terbatas (limited Life) yaitu persektuan tetap ada selama orang-orang (badan-badan) yang mengadakan persekutuan itu ada dan masing-masing masih tetap menghendakinya , setiap perubahan yang berhubungan dengan maksud mengakhiri perjanjian dari para anggota berarti membubarkan persekutuan

c. Tanggung Jawab yang tidak terbatas (unlimited liability) yaitu tanggung jawab seorang anggota tidak terbatas pada jumlah yang di tanam di dalam usaha persekutuan. Apabila di dalam keadaan tertentu persekutuan tidak membayar hutang-hutangnya karena jumlah kekayaan tidak cukup maka kreditur ber hak menagih pada salah seorang dari anggota persekutuan tersebut.

d. Memiliki suatu bagian / hak di dalam persekutuan (ownership of an interest in a partnership) yaitu kekayaan yang di tanam di persekutuan tidak lebih dari milik yang terpisah dari anggota yang menjadi kekayaan persekutuan anggota yang menanamkan kekayaanya dalam persekutuan berarti menyerahkan haknya untuk mengusahakan dan menggunakan kekayaan itu dan sepenuhnya rela untuk mengusahakan dan menggunakan kekayaanya itu dan sepenuhnya rela untuk di pakai guna mencapai tujuan-tujuan persekutuan. Hak yang di berikan kepada persekutuan ini memberikan hak yang sama dengan anggota lainya untuk memimpin dan menjalankan usaha persekutuan.

e. Pengambilan bagian keuntungan persekutuan yaitu setiap anggota mendapat bagian dari keutungan persekutuan suatu persetujuan yang di buat untuk membagi keuntungan itu sendiri, tidak merupakan suatu bentuk persekutuan.

Goodwill : kelebihan biaya perolehan investasi terhadap nilai wajar aktiva yang di terima
Goodwill : ukuran nilai sekarang (present value) dari kelebihan laba masa yang datang dari perusahaan

Macam-Macam Persekutuan

1. Persekutuan dapat di klasifikasikan ke dalam
a. Persekutuan perdagangan (trading partnership yaitu usaha pokoknya adalah pembuatan , pembelian dan penualan barang-barang.
b. Persekutuan Jasa-Jasa (Non Trading Partnership) yaitu persekutuan yang bertujuan untuk memberikan jasa-jasa karena keahlianya , misalnya akuntan, pengacara , notaris.

2. Persekutuan Dapat pula di bedakan antara
a.Persekutuan umum (general Partnership) yaitu bentuk persekutuan di mana semua anggota dapat bertindak atas nama perusahaan dan kepadanya dapat di mintai pertanggung jawaban terhadap kewajiban-kewajiban persekutuan.
b.Persekutuan terbatas (limited partnership) yaitu persekutuan di mana aktivitas anggota tertentu di batasi dan sebaiknya tanggung jawab masing-masing anggota ini di batasi sampai jumlah tertentu yang mungkin sejumlah investasi yang telah di berikanya.
c. Joint-Stock Componies yaitu persekutuan di mana struktur modalnya berupa saham-saham yang dapat di pindah tangankan.

Contoh :
1. Tuan A, B, C mendirikan suatu persekutuan dengan investasi masing-masing sebesar Rp.75.000,- Rp.25.000,- dan Rp.50.000,- . Mereka setuju untuk membagi keuntungan / kerugian dengan perbandingan yang sama. Apabila persekutuan mendapat laba Rp. 90.000, maka rekening modal untuk masing-masing anggota adalah

bersambung euyy , tunggu aja :d



2 comments:

Yang Baca kalo Ga comment di jitak :D,

jangan bingung dunk... click pilihan di bawah kotak komentar, pilih name/url, nah bingung pake link apa? hehehe copy link di atas ke url, beres dech...

suarakan hatimu memabangun bangsa halah :D

Custom Search