Wednesday, November 12, 2008

Study Kelayakan Bisnis

Pendahuluan

Pengertian: merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu investasi dapat di laksanakan atau berhasil dengan target yang di inginkan.

Tujuan: Menghindari investasi yang tidak di inginkan

Beberaoa factor yang harus di pertimbangkan

1. Dana yang di investasikan
2. Resko
3. KOmpleksitas/variable-variable

Tahapan Melaksanakan Study Kelayakan

1. Identifikasi kesempatan usaha
2. Perumusan
3. Penilaian usaha
4. Pemilihan proyek
5. Implementasi

Aspek yang di analisis

1. Aspek pemasaran
2. Aspek teknis
3. Aspek hokum dan social
4. Aspek manajemen
5. Aspek ekonomi
6. Aspek keuangan

ASPEK PEMASARAN

Pertanyaan Mendasar pada aspek pemasaran adalah

1. Berapa potensi pasar yang tersedia di masa mendatang
2. Berapa market share yang dapat di serap
3. Strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan

Dalam Pengukuran potensi pasar perlu hal sbb:

1. Analisis ekonomi, dilihat dari aspek makro seperti unsur kependudukan (jumlah penduduk, tingkat pertumbuhan, harga, tempat tinggal, tingkat pendapatan, kebijakan pemerintah.
2. Analisis industry, jenis industry, keuangan, secara geografi

Pangsa pasar

Yaitu berapa besar perusahaan dapat menjual yang di dasarkan atas hasil industry dan penglaman.

Strategi Pemasaran Yang di Laksanakan Perusahaan

1. Sangat di pengaruhi oleh PLC
2. Tahap-tahap PLC

a. Tahap Perkenalan yaitu pendapatan dan profit rendah, biaya per unit tinggi, tingkat persaingan sedikit
b. Tahap pertumbuhan yaitu pendapatan dan profit meningkat, biaya perunit rendah, tingkat persaingan banyak.
c. Tahap kedewasaan yaitu pertambahan pendapatan rendah, profit naik, biaya perunit rendah, tingkat persaiangan banyak
d. Tahap Penurunan yaitu pendapatan dan profit turun, biaya perunit naik, pesaiang relative banyak tapi tidak sebesar tahap 2 dan 3.

Segmen Pasar Yang di pilih

Segmentasi yaitu proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen kedalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmen cenderung bersifat hetrogen seperti berdasar gepgrafi , tingkat pendapatan.

Posisi Persaingan

1. Leader yaitu pangsa pasar besar > 40%
2. Challenger yaitu pangsa pasar di bawah market leader, siap menantang ML (market Leader)
3. Follower yaitu meniru ML dan MC (marker Challenger) (biaya pengembangan rendah) tidak berudaha untuk mengambil alih posisi ML dan MC
4. NIcher yaitu melayani pasar yang tidak di layani oleh pesaing.

PENGUKURAN PERMINTAAN

Penggunaan data Import
Yaitu produksi subtitusi import

Penggunaan Data Import, export dan produksi Dalam negri
D = Produksi DN + Import – export + ∆ cadangan

Metode rasio rantai
Yaitu membagi permintaan atas produksi dengan membagi komponen yang lebih kecil dari suaru rantai nilai urutan variable yang berpengaruh.
D = ∑ penduduk x % Penghasilan x % penghasilan pakaian x % sepatu x % sepatu OR

No comments:

Post a Comment

Yang Baca kalo Ga comment di jitak :D,

jangan bingung dunk... click pilihan di bawah kotak komentar, pilih name/url, nah bingung pake link apa? hehehe copy link di atas ke url, beres dech...

suarakan hatimu memabangun bangsa halah :D

Custom Search