Pendahuluan
Pengertian: merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu investasi dapat di laksanakan atau berhasil dengan target yang di inginkan.
Tujuan: Menghindari investasi yang tidak di inginkan
Beberaoa factor yang harus di pertimbangkan
1. Dana yang di investasikan
2. Resko
3. KOmpleksitas/variable-variable
Tahapan Melaksanakan Study Kelayakan
1. Identifikasi kesempatan usaha
2. Perumusan
3. Penilaian usaha
4. Pemilihan proyek
5. Implementasi
Aspek yang di analisis
1. Aspek pemasaran
2. Aspek teknis
3. Aspek hokum dan social
4. Aspek manajemen
5. Aspek ekonomi
6. Aspek keuangan
ASPEK PEMASARAN
Pertanyaan Mendasar pada aspek pemasaran adalah
1. Berapa potensi pasar yang tersedia di masa mendatang
2. Berapa market share yang dapat di serap
3. Strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan
Dalam Pengukuran potensi pasar perlu hal sbb:
1. Analisis ekonomi, dilihat dari aspek makro seperti unsur kependudukan (jumlah penduduk, tingkat pertumbuhan, harga, tempat tinggal, tingkat pendapatan, kebijakan pemerintah.
2. Analisis industry, jenis industry, keuangan, secara geografi
Pangsa pasar
Yaitu berapa besar perusahaan dapat menjual yang di dasarkan atas hasil industry dan penglaman.
Strategi Pemasaran Yang di Laksanakan Perusahaan
1. Sangat di pengaruhi oleh PLC
2. Tahap-tahap PLC
a. Tahap Perkenalan yaitu pendapatan dan profit rendah, biaya per unit tinggi, tingkat persaingan sedikit
b. Tahap pertumbuhan yaitu pendapatan dan profit meningkat, biaya perunit rendah, tingkat persaingan banyak.
c. Tahap kedewasaan yaitu pertambahan pendapatan rendah, profit naik, biaya perunit rendah, tingkat persaiangan banyak
d. Tahap Penurunan yaitu pendapatan dan profit turun, biaya perunit naik, pesaiang relative banyak tapi tidak sebesar tahap 2 dan 3.
Segmen Pasar Yang di pilih
Segmentasi yaitu proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen kedalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmen cenderung bersifat hetrogen seperti berdasar gepgrafi , tingkat pendapatan.
Posisi Persaingan
1. Leader yaitu pangsa pasar besar > 40%
2. Challenger yaitu pangsa pasar di bawah market leader, siap menantang ML (market Leader)
3. Follower yaitu meniru ML dan MC (marker Challenger) (biaya pengembangan rendah) tidak berudaha untuk mengambil alih posisi ML dan MC
4. NIcher yaitu melayani pasar yang tidak di layani oleh pesaing.
PENGUKURAN PERMINTAAN
Penggunaan data Import
Yaitu produksi subtitusi import
Penggunaan Data Import, export dan produksi Dalam negri
D = Produksi DN + Import – export + ∆ cadangan
Metode rasio rantai
Yaitu membagi permintaan atas produksi dengan membagi komponen yang lebih kecil dari suaru rantai nilai urutan variable yang berpengaruh.
D = ∑ penduduk x % Penghasilan x % penghasilan pakaian x % sepatu x % sepatu OR
Pengertian: merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu investasi dapat di laksanakan atau berhasil dengan target yang di inginkan.
Tujuan: Menghindari investasi yang tidak di inginkan
Beberaoa factor yang harus di pertimbangkan
1. Dana yang di investasikan
2. Resko
3. KOmpleksitas/variable-variable
Tahapan Melaksanakan Study Kelayakan
1. Identifikasi kesempatan usaha
2. Perumusan
3. Penilaian usaha
4. Pemilihan proyek
5. Implementasi
Aspek yang di analisis
1. Aspek pemasaran
2. Aspek teknis
3. Aspek hokum dan social
4. Aspek manajemen
5. Aspek ekonomi
6. Aspek keuangan
ASPEK PEMASARAN
Pertanyaan Mendasar pada aspek pemasaran adalah
1. Berapa potensi pasar yang tersedia di masa mendatang
2. Berapa market share yang dapat di serap
3. Strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan
Dalam Pengukuran potensi pasar perlu hal sbb:
1. Analisis ekonomi, dilihat dari aspek makro seperti unsur kependudukan (jumlah penduduk, tingkat pertumbuhan, harga, tempat tinggal, tingkat pendapatan, kebijakan pemerintah.
2. Analisis industry, jenis industry, keuangan, secara geografi
Pangsa pasar
Yaitu berapa besar perusahaan dapat menjual yang di dasarkan atas hasil industry dan penglaman.
Strategi Pemasaran Yang di Laksanakan Perusahaan
1. Sangat di pengaruhi oleh PLC
2. Tahap-tahap PLC
a. Tahap Perkenalan yaitu pendapatan dan profit rendah, biaya per unit tinggi, tingkat persaingan sedikit
b. Tahap pertumbuhan yaitu pendapatan dan profit meningkat, biaya perunit rendah, tingkat persaingan banyak.
c. Tahap kedewasaan yaitu pertambahan pendapatan rendah, profit naik, biaya perunit rendah, tingkat persaiangan banyak
d. Tahap Penurunan yaitu pendapatan dan profit turun, biaya perunit naik, pesaiang relative banyak tapi tidak sebesar tahap 2 dan 3.
Segmen Pasar Yang di pilih
Segmentasi yaitu proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen kedalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmen cenderung bersifat hetrogen seperti berdasar gepgrafi , tingkat pendapatan.
Posisi Persaingan
1. Leader yaitu pangsa pasar besar > 40%
2. Challenger yaitu pangsa pasar di bawah market leader, siap menantang ML (market Leader)
3. Follower yaitu meniru ML dan MC (marker Challenger) (biaya pengembangan rendah) tidak berudaha untuk mengambil alih posisi ML dan MC
4. NIcher yaitu melayani pasar yang tidak di layani oleh pesaing.
PENGUKURAN PERMINTAAN
Penggunaan data Import
Yaitu produksi subtitusi import
Penggunaan Data Import, export dan produksi Dalam negri
D = Produksi DN + Import – export + ∆ cadangan
Metode rasio rantai
Yaitu membagi permintaan atas produksi dengan membagi komponen yang lebih kecil dari suaru rantai nilai urutan variable yang berpengaruh.
D = ∑ penduduk x % Penghasilan x % penghasilan pakaian x % sepatu x % sepatu OR
No comments:
Post a Comment
Yang Baca kalo Ga comment di jitak :D,
jangan bingung dunk... click pilihan di bawah kotak komentar, pilih name/url, nah bingung pake link apa? hehehe copy link di atas ke url, beres dech...
suarakan hatimu memabangun bangsa halah :D