Thursday, October 23, 2008

Informasi Akuntansi Manajemen

Materi Kuliah : Akuntansi Manajemen
Dosen : Fery M Rudi S.E
Tanggal : 23 October 2008


Charles Hogred menemukan tiga hal yang sangat penting

1. Merencanakan secara efektif

Yaitu menyediakan informasi akuntansi yang dapat membantu kebutuhan manager melalui penyediaan laporan prestasi yang membantu manager memusatkan terhadap masalah. Ringkasnya laporan prestasi merupakan suatu bentuk umpan balik bagi manager yang mengarahkan perhatian kepada bagian organisasi yang dapat memanfaatkan waktu managemen secara lebih efektif.

2. Mengarahkan operasi

Manager mempunyai kebutuhan yang konstant akan informasi, akuntansi dalam memimpin operasi sehari2 secara rutin misalnya sewaktu manager menentukan harga pokok produk baru yang bersandar pada informasi yang di sediakan akuntansi , untuk memastikan hubungan harga dan biaya sudah serasi dengan strategi pemasaran yang di gunakan oleh perusahaan
Menurut salah satu contoh ini pekerjaan akuntan dana manajemen mempunyai hubungan yang tidak mungkin terpisahkan dalam menjalankan operasi sehari-hari.


3. Memecahkan Masalah

Informasi akuntansi sering merupakan faktor penting dalam menganalisis alternatif penyelesaian masalah , alasanya ialah bahwa berbagai alternatif biasanya mempunyai biaya dan manfaat tertentu yang dapat di ukur dan di gunakan sebagai masukan dalam memutuskan alternatif terbaik.

Gambaran berikut menujukan hubungan data akuntansi yang membantu keputusan managemen

Data
1. Pemecahan Masalah
2. Pencatatan hasil, pengarahan, perhatian dan pemecahan masalah
3. Pencatatan Hasil

Strategi

1.Membantu manager dalam keputusan khusus
2.Membantu manager untuk perencanaan dan pengendalian opersi rutin
3.Membantu pengambilan keputusan oleh pihak-pihak eksternal

No comments:

Post a Comment

Yang Baca kalo Ga comment di jitak :D,

jangan bingung dunk... click pilihan di bawah kotak komentar, pilih name/url, nah bingung pake link apa? hehehe copy link di atas ke url, beres dech...

suarakan hatimu memabangun bangsa halah :D

Custom Search